Kamis, 02 September 2010

DIET IBU MENYUSUI :: Ibu Langsing, Bayi Sehat!

Bagikan
Habis melahirkan, bodi melar nggak ketulungan, adalah problem klasik yang dialami sebagian besar kaum hawa, tidak terkecuali saya. Masalahnya, karena sedang menyusui, kebanyakan kita enggan melakukan diet. Takutnya, nanti ASI jadi seret dan tidak berkualitas. Apalagi bila mendengar petuah nenek dan ibu: “Kalau lagi menyusui, makan yang banyak!”
 
Sebenarnya, boleh nggak sih ibu menyusui itu berdiet?

 Sebelum menjawabnya, yuk kita telaah dulu definisi diet itu sendiri. Kalau menurut Bang Wikipedia, “diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Namun dalam bahasa Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu”. Nah, kalau melihat definisi kedua, ibu menyusui sah-sah saja sih berdiet, karena pada dasarnya kualitas dan kuantitas ASI lebih dipengaruhi oleh asupan nutrisi (kualitas) ketimbang jumlah makanan (kuantitas) yang masuk. Makan banyak tapi nggak berkualitas (misal: junkfood), sama juga bohong, yang ada badan tambah melar, ASI pun jadi kurang baik kualitasnya, kasihan kan baby kita:-)

Oya, sebagian pakar berpendapat bahwa seberapa pun jeleknya pola makan maupun asupan gizi ibu, tubuh tetap memproduksi ASI dengan kualitas yang baik untuk bayi (ASI yang diproduksi berasal dari persediaan makanan dalam tubuh ibu). Ini tentu kabar baik buat bayi kita. Namun kabar buruknya, jika ibu menyusui tidak menjaga asupan nutrisi yang baik, alias lebih sering mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak tanpa memerhatikan kandungan gizinya, maka ibu akan cenderung naik berat badannya meskipun sedang menyusui. Sebaliknya, jika ibu menyusui malas makan dengan dalih diet, dalam jangka panjang akan terjangkit anemia. Kita maunya, ibu dan bayi sama-sama sehat, kan?

Lantas, bagaimana dong caranya agar semua bisa seiring sejalan? ASI melimpah dan berkualitas, bayi sehat, ibu sehat dan kembali langsing?

Jawabannya, tentu saja diet. Ya, diet ibu menyusui sangat tepat dengan definisi diet yang saya sebutkan di atas, yaitu suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Di sini, titik beratnya adalah pada kecukupan nutrisi.

Berarti, kita harus belajar tentang gizi dong! Komposisi makanan, cara menakar makanan, dan hal-hal rumit lain yang biasa dilakukan para ahli gizi?

Hehehe… dulu saya juga berpikiran begitu, loh! Diet itu ribet, gak praktis, dan gak ada dalam kamus hidup saya yang rasanya gak kenyang kalo gak makan nasi! (hihihi) Apalagi ibu menyusui kan bawaannya lapar melulu, dan membutuhkan makanan yang bisa bikin kenyang secara simsalabim. Berdasarkan pengalaman selama menyusui, pagi hari biasanya menjadi “titik puncak” rasa lapar saya. Pagi hari, di saat saya didera kelaparan yang amat-sangat, saya akan mengambil jalan pintas: mencari makanan sisa semalam. Sepiring nasi dingin plus sebiji tahu goreng dicocol dengan kecap pun jadi! Hihihi…parah banget ya!

Eiittss… tapi itu dulu, sebelum saya kenal konsep SARAPAN SEHAT yang benar. Sarapan ini tetap mengenyangkan dan berenergi walaupun tidak makan karbohidrat. Banyak “efek sampingnya” pula. Di samping  kulit mulus, stamina prima, ASI pun lancar. Ajaibnya lagi, keluhan kesehatan saya seperti ngantukan, gampang capek, pegal-pegal jadi teratasi hanya dalam 1 minggu menjalani program ini!

Cuma itu? Tunggu …! Anda akan takjub kalau saya mengatakan bahwa, dalam 1 minggu menjalani program SARAPAN SEHAT, berat badan saya turun 1 kg! Saya belajar menjalani pola makan yang lebih baik, dan mendapat keyakinan baru bahwa diet ibu menyusui bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Maka, saya lanjutkan dengan program penurunan berat badan. Saya tak hanya menjalani SARAPAN SEHAT, tapi juga MAKAN MALAM SEHAT! Hasilnya, dalam 1 bulan saya turun 5 kg, total turun 10 kg dalam 2 bulan dan 14 kg dalam 4 bulan! Bayi saya sehat, berat badannya tetap naik dengan sewajarnya.

Anda ibu menyusui yang ingin diet? Mau tahu menu SARAPAN SEHAT saya? Klik http://dietasyik.blogspot.com/2009/12/nutritional-shake-mix.html

Tertarik dengan konsep SARAPAN SEHAT untuk berdiet ibu menyusui, memperbaiki stamina, dan meningkatkan kesehatan? Silahkan menghubungi saya:

KONSULTASI/PEMESANAN PRODUK:
ELKA
081-999-548-688
dietasyik@gmail.com

Atau langsung KLIK DI SINI untuk melihat harga PAKET DIET IBU MENYUSUI.

***
TESTIMONI:
… Eh, ternyata kualitas ASI jadi bagus banget ya dengan minum Shake itu, aku jadi merhatiin. Ga pernah bening, mesti kental warnanya! (Vita, ibu menyusui, Kaltim)

… Aku tadi pagi minum Shake, emang bener siy jam 10 mompa dapat banyak banget hampir 200 ml lho! (Femmy, ibu bekerja yang tetap memberi ASI eksklusif, Surabaya)


Artikel Terkait



Follow me on Facebook!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow DietAsyik

10 ARTIKEL TERPOPULER