Senin, 02 Juli 2012

Menu Sahur Sehat nan Praktis: Cuma 1 Menit!

Bagikan
“Mbak Elka, ini hari pertama saya mencoba puasa dengan menu sahur sehat nutrisi. Saya senang sekali karena hasilnya luaarrr biasa! Jika puasa sahur dengan menu biasa (nasi komplit), jam sembilan pagi perut saya sudah keroncongan. Jam satu siang perut saya sudah melilit-llilit tanda maag kambuh. Tapi tadi, saya merasa bugar sampai sore dan hingga tibanya waktu berbuka. Alhamdulillah ASI saya pun tetap lancar.” (Putri, Yogyakarta)

Putri adalah salah satu customer saya yang tinggal di kota gudeg Yogya. Dia seorang ibu menyusui yang memiliki problem kesehatan berupa maag akut dan daya tahan tubuh rendah (gampang sakit). Saat berita baik lewat sms di atas dilayangkannya kepada saya, Putri telah berhasil menjalankan diet dengan nutrisi, dan telah turun berat badan sebanyak 9 kg. Bonusnya, sekarang Putri nggak gampang sakit lagi, daya tahan tubuhnya jadi meningkat, dan nyeri lambung karena maag juga tidak pernah dirasakan lagi.

Karena Ramadhan tinggal menghitung hari, sharing saya kali ini terkait dengan menu sahur sehat. Coba ingat-ingat, bagaimana pola makan Anda Ramadhan tahun lalu? Kebanyakan orang—bertentangan dengan makna puasa—justru cenderung makan berlebihan di bulan puasa. Ini disebabkan hidangan di bulan Ramadhan biasanya malah dibuat lengkap dan istimewa. Padahal, hidangan yang lezat saja tanpa memenuhi pola makan yang sehat dan prinsip gizi seimbang bisa membuat ibadah puasa kita jadi berantakan. Selain membuat mata mudah mengantuk dan tubuh lemas, menu sahur dan buka puasa yang kurang sehat juga bisa membuat kadar kolesterol melonjak.

Berikut adalah tips menu sahur sehat yang saya sarikan dari berbagai sumber:

SAAT SAHUR: 
  1. Utamakan asupan air, vitamin, dan elektrolit. Perbanyak minum air putih, buah-buahan, dan jus buah tanpa gula. Boleh juga minum air kelapa. Caranya minum air kelapa dulu (karena sifat elektrolit di air kelapa , maka kita akan masih merasa haus, sehingga bisa dilanjutkan dengan minum air putih). Ketika tidur, tubuh kita kehilangan berat sekitar 1-2 kg, dan itu adalah air. Jadi, memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang tepat. 
  2. Untuk menu utama, pilihlah jenis makanan yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Karbohidrat tipe ini lebih "tahan lama" dalam membuat gula darah stabil, menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga mood kita selama seharian relatif lebih baik. 
  3. Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau buah. Selain membersihkan usus, serat adalah "sapu alami" yang membantu membersihkan sisa daging di sela-sela usus. 
  4. Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Misalnya dalam bentuk sambal. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Namun jika asupannya berupa minyak gorengan, baik dari makanan siap saji yang dibeli semalam sebelumnya, atau dengan cara menggoreng langsung, maka itu sama dengan memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang. 

SAAT BERBUKA PUASA: 
  1. Jangan terkecoh dengan iklan “berbukalah dengan yang manis”. Pilih minuman yang manis alami tanpa gula. Misal air kelapa, jus buah melon atau semangka. Hindari gula pasir karena akan membuat ngantuk saat tarawih dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik. 
  2. Karbohidrat kompleks akan lebih baik plus makanan yang tidak digoreng. Nasi putih dan gorengan akan membuat ngantuk saat tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah sampai 20%. 
  3. Pasca buka puasa, konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur minimal masuk air 1 liter. 
Nah, demikian sedikit tips tentang menu sahur sehat. Namun jika kita bukan ahli gizi, menyiapkan menu yang komplit bukan perkara mudah. Kalau pun bisa, butuh waktu untuk menyiapkannya. Padahal, sepertiga malam terakhir di bulan Ramadhan adalah saat yang sangat berharga. Hayoo, siapa yang ibadah tilawah atau sholat malamnya sering di-cut gara-gara mesti buru-buru ke dapur untuk menyiapkan makan sahur? :-D 

Nutrisi yang digunakan Putri untuk menurunkan berat badan ternyata bisa membantunya menjalankan ibadah puasa dengan mulus dan lancar. Penerapannya terutama pada saat sahur. Menu sahur yang praktis namun komplit nutrisinya! Dan … tentu saja sahur lebih menyehatkan ketimbang menu sahur biasa (nasi plus lauk-pauknya). 

Bagaimana sih sebenarnya KONSEP SAHUR SEHAT itu? Pada dasarnya sama dengan KONSEP SARAPAN SEHAT. Jika Anda belum tahu soal hal ini, silahkan KLIK DI SINI

Sudah baca? :-)

Baiklah. Lantas apa yang digunakan Putri sebagai menu sahur sehat? Ini dia tiga produk UNGGULAN-nya: 

1. SHAKE 
Yaitu minuman lezat pengganti nasi plus lauk-pauk, yang memiliki keunggulan sebagai berikut: 
  • 114 jenis nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh setiap hari, mencakup nasi, sayur, lauk, serat, gandum.
  • Rendah kalori, lemak, gula dan garam sodium.
  • Mengenyangkan dan membuat tubuh tetap berenergi tanpa konsumsi nasi (karbo). 
  • Kandungan asam lemak esensial yang sangat baik untuk kesehatan jantung, pembuluh darah, imunitas tubuh dan pemulihan setelah sakit. 
  • Sangat baik untuk penderita kanker payudara, keropos tulang, menurunkan kadar kolesterol dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh juga. 
  • Di samping untuk menjaga kesehatan, dengan aturan pakai tertentu dapat digunakan untuk menurunkan atau menaikkan berat badan. (Silahkan Call/SMS saya di 081-999-548-688 untuk konsultasi lebih lanjut).
  • Rasanya sangat sedap! Tinggal pilih mau yang strawberry, vanila, atau coklat.
  • Untuk menyiapkannya gak pake lama. Cukup 1 menit!! :-)
2. NRG TEA 
Yaitu minuman penyegar pengganti kopi dengan keunggulan sebagai berikut: 
  • Memperbaiki stamina dan energi serta merilekskan syaraf.
  • Memperbaiki masalah alergi, migren, vertigo, asma.
  • Meningkatkan daya pikir dan konsentrasi.
  • Cocok bagi Anda yang sering merasa lemah, letih, lesu saat beraktivitas sehari-hari.

3. HERBAL ALOE 
Minuman segar yang terbuat dari aloe vera (saripati lidah buaya) dengan khasiat sebagai berikut:
  • Membuang racun seluruh tubuh secara lebih cepat (sehingga disebut "shampo bagian dalam tubuh").
  • Menyegarkan vili-vili usus sehingga menyerap nutrisi lebih cepat. 
  • Memperbaiki masalah maag, radang usus, sembelit, diare, dan masalah pencernaan lainnya. 
  • Baik dikonsumsi oleh penderita jantung, diabetes, dan hipertensi.
  • Memperbaiki siklus haid. 
  • Menghaluskan kulit dan mengatasi masalah jerawat.

Nah, itulah 3 produk unggulan yang bisa digunakan sebagai menu sahur sehat Anda.

Butuh pencerahan? Silahkan hubungi saya di 081-999-548-688.

Atau langsung ORDER SEKARANG dengan KLIK DI SINI.


REKOMENDASI:
PAKET DIET IBU MENYUSUIPAKET DIET BERGARANSITIPS DIET GRATIS


Artikel Terkait



Follow me on Facebook!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow DietAsyik

10 ARTIKEL TERPOPULER